Kulit Tetap Segar Selama Karantina Di Rumah Dengan Cara-Cara Ini

Pinterest LinkedIn Tumblr +

Tidak ada yang lebih baik daripada bekerja di rumah tanpa perlu repot-repot mengenakan make up sepanjang hari. Untuk itu ini waktunya kulit kamu – khususnya wajah kamu beristirahat. Saat wajah sedang ditutupi make up, seketika kulit wajah pun akan sulit bernapas. Tapi jangan salah, ada pula sebagian orang yang sudah terbiasa mengenakan make up setiap hari. Saat dalam waktu lama tidak mengenakan make up, yang ada malah muncul masalah kulit.

Jika mengutip ujaran ahli kecantikan, Eddie Omar, beberapa orang akan mengalami breakout saat berhenti menggunakan make up. Walaupun tidak semua orang mengalami hal tersebut, namun nyatanya wajar adanya jika hal tersebut terjadi. Karena wajah kamu pun akan mengalami pembiasaan atau penyesuaian diri.

Selama kamu diam di rumah dan mengistirahatkan diri, coba ikuti tips ini. Agar selain tubuh kamu, kulit kamu pun ikut beristirahat dari make up. Walaupun beberapa dari kamu mungkin akan mengalami breakout selama istirahat dari make up.

USAHAKAN BARE FACE SELAMA MASA KARANTINA

Beruntunglah kamu jika wajah bisa beristirahat tanpa masalah selama rehat dari make up. Namun jika kamu malah mengalami breakout, bahkan mendadak banyak jerawat yang muncul. Jangan ditutupi menggunakan concealer. Pasalnya, seorang pakar kecantikan, Renee Rouleau mengatakan jika menutupi wajah bermasalah dengan make up tidak disarankan. Karena kulit kamu yang seharusnya mudah bernapas, malah cenderung pori-pori tertutup oleh make up.

Gunakan produk kecantikan yang tidak menyumbat pori-pori dan beri waktu kulit untuk istirahat dengan tidak menggunakan make up yang menutup pori-pori kulit.

RAJIN CUCI MUKA WALAUPUN BERADA DI DALAM RUMAH

Marnie Nussbaum, ahli dermatologi menyebutkan, saat breakout – kulit sedang menyeimbangkan produksi minyak. Untuk itu, kamu dianjurkan untuk mencuci wajah dengan benar. Sehingga saat penyesuaian produksi minyak, wajah yang tertempel minyak dan keringat dapat dibersihkan sempurna. Walaupun kamu diam di rumah lama, bukan berarti kamu tidak perlu cuci muka kan? Karena kulit kamu masih memproduksi minyak dan keringat yang perlu dibersihkan.

GUNAKAN PRODUK WAJAH ATAU KULIT LAINNYA YANG BERSIFAT LIGHTWEIGHT ATAU RINGAN

Jika produksi minyak berlebih saat di rumah, sangat disarankan untuk menggunakan pelembab dengan tekstur ringan. Pasalnya, walaupun wajah memproduksi minyak berlebih, kamu pun perlu mengaplikasikan pelembab pada wajah. Pelembab bertekstur ringan tidak akan menimbulkan reaksi breakout atau menyumbat pori-pori pemicu jerawat.

Menurut Nussbaum, produk yang berat atau tebal dapat menimbulkan komedo hitam atau blackhead, komedo putih atau whitehead, dan jerawat. Untuk mempermudah pelembab bertekstur ringan, kamu bisa cari pelembab dengan konsistensi air yang tinggi atau bertekstur gel.

Selain itu, jika kamu memiliki kulit sensitif atau ingin mengurangi bahan kimia lainnya. Gunakan produk yang tidak menggunakan parfum.

LAKUKAN EKSFOLIASI DENGAN RUTIN

Kulit yang tidak pernah dieksfoliasi akan menumpukkan sel kulit mati dan menjadi pemicunya jerawat. Belum lagi, sel kulit mati yang menumpuk di wajah akan membuatnya terlihat kusam. Untuk menghindari itu, kamu perlu melakukan eksfoliasi setidaknya dua kali dalam seminggu. Rutinnya eksfoliasi dapat meremajakan dan mencerahkan wajah kamu.

Saat eksfoliasi, lakukan tahap cleansing terlebih dahulu, kemudian gunakan toner, dan pelembab. Agar wajah kamu terbebas dari rasa kering dan iritasi setelah dieksfoliasi.

SELAIN PERAWATAN WAJAH, JAGA PULA KONDISI TUBUH

Perawatan wajah apapun tidak akan bekerja maksimal jika tidak didukung oleh kondisi tubuh kamu. Nussbaum pun menyarankan agar menjaga kondisi tubuh dan menyadari uniknya kulit dalam merespons stres. Salah satu contohnya adalah saat tubuh lelah karena kurang tidur, wajah pun akan merespons. Di antaranya wajah menjadi lebih kusam dan kendur.

Tidur yang cukup, asupan gizi yang cukup, dan mengonsumsi air mineral dapat memaksimalkan perawatan kulit kamu.

sumber:HOLAMIGO

Share.

About Author

Leave A Reply