Mengenal Cara Transfer Uang Tanpa ATM Demi Kemudahan

Pinterest LinkedIn Tumblr +

Di zaman yang serba canggih seperti sekarang ini, apapun bisa dilakukan dengan cepat dan instan. Banyak sekali hal yang bisa Anda lakukan hanya dengan menggunakan smartphone saja. Ya, perkembangan fitur yang ditawarkan oleh berbagai aplikasi mobile sudah sangat membuat penggunanya sangat merasa dipermudah.

Mulai dari online shopping, layanan keuangan hingga makanan bisa diakses melalui online. Untuk layanan keuangan, banyak aplikasi yang mempermudah transaksi perbankan seperti transfer uang tanpa ATM.

Tanpa harus memiliki ATM Anda bisa mengirim uang dengan saudara atau kerabat Anda. Cukup menyediakan uang tunai dan Anda bisa mentransfer uang tersebut ke berbagai rekening manapun. Penasaran? Berikut cara yang bisa Anda lakukan.

  1. Setor Tunai
    Anda hanya perlu datang langsung ke bank dengan membawa uang yang akan kirimkan. Selanjutnya Anda mengambil nomor antrian. Sambil menunggu antrian Anda dipanggil, Anda bisa menulis pada form setoran tunai.Biasanya di form tersebut Anda perlu menuliskan nomor rekening tujuan, nama bank tujuan biasanya disertai alamat kantor cabang serta jumlah nominal yang akan Anda transfer dan Anda harus membubuhkan tanda tangan.
    Setelah nomor giliran Anda dipanggil, Anda bisa menuju teller yang disebutkan. Teller akan menanyakan apa yang bisa dibantu. Terangkan bahwa Anda ingin mengirim uang. Kemudian teller akan meminta slip setoran yang sudah Anda tulis beserta uang yang akan di transfer.
    Jika sudah maka petugas akan memproses pengiriman uang Anda. Jika proses setoran sudah selesai maka Anda akan menerima kertas layaknya kwitansi sebagai barang bukti. Simpan baik-baik slip tersebut sebagai bukti Anda telah mentransfer
  2. Melalui Minimarket
    Transfer uang tanpa ATM bisa dilakukan melalui minimarket. Minimarket yang  biasanya digunakan adalah Alfamart. Alfamart memang salah satu minimarket paling terkenal dengan cabang merata hingga ke pelosok Indonesia. Bagaimana caranya?Anda hanya perlu datang ke cabang alfamart terdekat lalu katakana pada pelayan bahwa Anda akan mengirimkan uang. Nantinya Anda akan dimintai kartu identitas berupa ktp/sim dan nomor ponsel Anda yang bisa dihubungi. Nomor digunakan untuk menerima kode pengambilan.
    Anda juga perlu menyebutkan nama serta nomor ponsel penerima kiriman uang. Jika data sudah lengkap, Anda tinggal menyerahkan uang yang akan ditransfer beserta biaya administrasi. Jika sudah, Anda akan menerima sms kode penerimaan uang.
    Kode tersebut kemudian diberikan kepada pihak penerima dan harus ditunjukkan kepada pelayan ketika akan mengambil kiriman uang. Namun kekurangan transfer via minimarket ini belum bisa melakukan transfer ke rekening bank.
  3. Kantor POS
    Apakah Anda sudah mengetahui jika kantor pos bukan hanya bisa digunakan untuk kirim surat serta paket saja? Ternyata kantor pos juga bisa digunakan untuk mengirim uang lho. Layanan transfer uang tanpa ATM melalui kantor pos disebut wesel. Ada beberapa jenis wesel yang bisa Anda pilih sesuai kebutuhan yakni:

a. Weselpos Instan

Pengiriman uang yang paling cepat dan instan karena sifatnya real time menggunakan PIN serta Nomor Transaksi Pusat (NTP), yang dikirim langsung dari pengirim kepada penerima.

b. Weselpos Kemitraan

Cara transfer uang tanpa ATM selanjutnya adalah dengan wesel pos kemitraan. Wesel pos kemitraan adalah jenis wesel yang bekerjasama dengan pihak lain. Tarif administrasi yang dibebankan pun disesuaikan dengan kesepakatan yang berlaku

c. Weselpos Transfer tunai

Wesel pos jenis ini sering disebut dengan istilah Cash to Account, adalah pengiriman uang secara tunai dari kantor pos secara real time. Penerima kiriman uang bisa dari semua rekening Bank.

d. Weselpos Prima

Layanan weselpos yang terakhir adalah Weselpos Prima. Weselpos ini menggunakan surat pemberitahuan yang diantar oleh Kantor Pos tujuan untuk kemudian diserahkan kepada penerima.

4. Western Union

Western union adalah jasa pengiriman uang yang sudah banyak digunakan karena jaringannya yang menyebar hingga ke seluruh dunia. Maka tak heran mengapa Western Union menjadi tempat favorit mereka yang berada di luar negeri sebagai tempat layanan transfer uang.

Kelebihan yang dimiliki oleh layanan Western Union ini adalah, uang yang Anda kirim melalui salah satu cabang Western Union, bisa langsung diambil oleh penerima dicabang western union lainnya di seluruh dunia. Berikut cara transfer uang tanpa ATM melalui Western Union.

Anda  cukup membawa uang yang akan Anda kirimkan dengan membawa kartu identitas seperti KTP, SIM atau bahkan paspor yang masih berlaku. Kemudian Anda mendatangi kantor Western Union atau bisa juga melalui kantor-kantor yang memiliki logo Western Union seperti di kantor pos ataupun di bank.

Selanjutnya, Anda langsung menemui petugas dengan mengatakan bahwa Anda akan mengirim uang melalui Western Union. Petugas akan memberikan anda satu lembar formulir pengiriman uang dan Anda harus mengisinya dengan huruf kapital.

Jika sudah selesai mengisi, kemudian serahkan formulir tersebut beserta uang yang akan dikirim ditambah biaya administrasi serta kartu identitas Anda. Nantinya Anda akan diminta untuk menandatangani bukti transaksi dan menerima Nomor Transaksi Pengiriman Uang (MTCN).

Jika petugas Western Union mengatakan prosedur telah selesai, Anda segera menghubungi orang yang Anda tuju sebagai penerima uang kiriman Anda, dan sampaikan nomor rahasia (MTCN) tadi. Mintalah orang tersebut untuk segera mengambil uang di kantor berlogo western union terdekat.

5. Fastpay

Cara transfer uang tanpa ATM selanjutnya bisa Anda lakukan dengan menggunakan aplikasi fastpay. Fastpay menawarkan produk laku pandai atau biasa disebut Branchless banking, yakni sebuah revolusi layanan perbankan yang didesain secara khusus agar mampu mencakup hingga ke pelosok desa.

Tujuan dari layanan ini adalah untuk membantu pemerintah dalam melakukan pemerataan fasilitas finansial, subsidi dan bantuan dari pemerintah. Fastpay bekerjasama dengan bank BNI sehingga memberikan kemudahan untuk fastpay itu sendiri.

Fitur dan layanan perbankan yang bisa Anda lakukan di agen fastpay antara lain buka rekening baru, setor tunai, tarik tunai, transfer uang tanpa ATM, subsidi pemerintah serta bisa juga sebagai tempat pengambilan bantuan dari pemerintah.

Jika Anda ingin memperoleh keuntungan lebih, Anda bisa membuka sendiri loket fastpay dan jadikan loket Anda sebagai teller dari semua bank di negri ini. Ini akan menjadikan masyarakat lebih memilih bertransaksi di loket Anda daripada harus antri di bank.

Dengan begitu Anda semakin banyak orang yang bertransaksi melalui loket Anda. Anda bisa mendapatkan komisi yang lebih banyak juga. Selain itu, ketika membuka loket fastpay Anda akan dibekali dengan brosur agar loket Anda banjir pelanggan.

Ayo tunggu apalagi, manfaatkan layanan perbankan yang ada di toko modern fastpay.  Ada kejutan baru karena layanan fastpay bisa melayani setor/tarik tunai dan transfer dari 88 bank di Indonesia.

Selain bisa membantu warga dengan melakukan tarik tunai, setor dan transfer uang tanpa perlu ke bank, komisi bulanan yang akan Anda dapatkan dari fastpay juga pastinya akan meningkat.

Demikian ulasan tentang cara transfer uang tanpa ATM. Apapun metode yang Anda pilih, jangan lupa untuk selalu berhati-hati apalagi ketika membawa uang dalam jumlah yang besar.

Pilihlah metode yang murah dan mudah dijumpai disekitar Anda. Apalagi jika kemudahan tersebut bisa Anda jadikan juga sebagai bisnis seperti halnya fastpay.

Share.

About Author

Leave A Reply