Tidak Hanya Jahe, Ini 5 Makanan yang Baik untuk Daya tahan tubuh

Pinterest LinkedIn Tumblr +

Jahe menjadi salah satu makanan sederhana yang sempat langka di pasaran, karena dianggap sebagai solusi menghadapi virus corona. Menanggapi kondisi ini, Nutrition Expert YOUVIT gummy multivitamin, Puteri Aisyaffa menjelaskan, jahe memang dapat meningkatkan sistem imum melalui kandungan zinc dan zat besi. Dari beberapa penelitian, jahe diketahui dapat merangsang respons defensif pada pernafasan atas dan mukosa atas, sehingga membantu menangkis infeksi. Baca juga: Cegah Virus Corona, Ini 3 Langkah Sederhana Menjaga Imunitas Tubuh Namun, makanan yang bisa membantu meningkatkan sistem daya tahan tubuh tidak hanya jahe. Aisya mencoba menyebutkan beberapa alternatif yang juga bisa kamu coba. “Sebenarnya secara alami tubuh kita sudah memiliki sistem imun yang bertugas untuk mendeteksi dan mengeliminasi pathogen seperti virus yang masuk ke dalam tubuh. Namun, sistem imun ini tentunya harus didukung melalui asupan makanan sehat yang seimbang,” katanya melalui pernyataan yang diterima Kompas Lifestyle. Berikut rekomendasi sumber makanan sehat yang dapat membangun daya tahan serta menjauhkan kita dari virus penyakit, termasuk virus corona:

1. Jambu Aisya menjelaskan, jambu merupakan buah dengan kandungan vitamin C yang tinggi. Seperti yang sudah diketahui, vitamin C memiliki peranan penting sebagai antioksidan dan juga booster sistem kekebalan dalam tubuh. Aisya menyarankan, agar buah ini dikonsumsi tanpa diproses terlebih dulu atau dimakan mentah supaya kandungan vitamin di dalamnya tetap terjaga dan tidak berkurang.

2. Kacang-kacangan dan daging Dua bahan makanan ini mengandung zinc yang tinggi. Seperti halnya vitamin C, zinc juga memiliki fungsi meningkatkan sistem daya tahan tubuh. Daging merah, ikan dan telur termasuk sumber makanan yang memiliki zinc tinggi. Disarankan untuk mengonsumsinya dalam kondisi matang agar bakteri dan virus mati selama proses pemasakan. Beberapa jenis kacang seperti kacang merah, tanah, mete, dan almond juga tinggi dengan kandungan mineral zinc. Baca juga: Bukan Hanya Lansia, Orang Usia Muda Juga Berisiko Kritis karena Corona

3. Kaldu tulang Selain gurih, ternyata kaldu tulang juga memiliki banyak manfaat. Aisya menjelaskan, bahan makanan ini penuh dengan kandungan L-Glutamine yang bagus untuk perbaikan sel, termasuk dinding saluran usus. L-Glutamine sendiri merupakan asam amino esensial yang tidak dapat diproduksi oleh tubuh dan hanya bisa diperoleh dari makanan. “Usus yang sehat sangat penting untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh, agar lebih kuat,” ungkapnya.

4. Jamur Jamur merupakan sumber beta glucans yang tinggi. Beta glucans adalah nutrisi alami yang bisa meningkatkan sistem daya tahan tubuh. Aisya mengatakan, fungsi nutrisi tersebut memastikan sel tubuh kita siap untuk tindakan melawan infeksi.

5. Melengkapi dengan multivitamin Selain melalui bahan makanan, kita juga bisa memaksimalkan asupan nutrisi harian dengan multivitamin seperti YOUVIT. Multivitamin dengan bentuk gummy ini menyediakan secara lengkap 10 vitamin dan 2 mineral penting Namun, konsumsi makanan sehat dan multivitamin juga perlu didukung dengan aspek lainnya yang bisa membantu meningkatkan daya tahan tubuh. “Gaya hidup sehat lain juga penting dilakukan untuk kekebalan tubuh, seperti olahraga yang teratur dan istirahat yang cukup,” katanya.

sumber:Kompas.com

Share.

About Author

Leave A Reply