Laptop Rusak ditengah Pandemi Covid-19 ?

Pinterest LinkedIn Tumblr +

Laptop atau Notebook adalah komputer jinjing yang saat ini digunakan oleh banyak orang pada jaman sekarang. Banyak sekali kegunaan laptop baik untuk pekerjaan, tugas kuliah, bahkan untuk tugas sekolah. Jika dibandingkan dengan komputer banyak sekali keunggulan laptop karena lebih praktis, efisien, lebih ringan, tidak banyak makan tepat, bisa dibawa kemana-mana, dan tentu saja lebih mudah di servis.

Seperti gadget lainnya, laptop juga bisa mengalami kerusakan. Kerusakan tersebut bervariasi, ada kerusakan ringan yang bisa dikerjakan sendiri, serta kerusakan berat yang memerlukan ahli teknisi yang mampu melakukan service sampai bagian komponen-komponen dalam laptop.

Caranya adalah jika laptop masih ada garansi maka, kita bisa pergi ke Service Center lalu klaim garansi yang masih berlaku selama satu tahun dari masa pembelian. Namun bagaimana jika laptop kita sudah habis masa garansi? Caranya adalah meminta tukang servis untuk melakukan perbaikan laptop yang bermasalah.

Lalu apa saja jenis kerusakan laptop yang membutuhkan ahli teknisi laptop?

1. Install Ulang

Intinya untuk memperbaiki masalah yang berhubungan dengan sistem. Misalnya waktu dinyalakan muncul pesan error (No Bootable, No Operating System), sistem terkena virus, sistem suka macet-macet, salah install driver dan lain-lain. Install ulang ini tujuannya untuk mengganti sistem yang error tadi dengan yang baru.

2. Mengganti Keyboard

Untuk memperbaiki masalah yang berhubungan dengan keyboard. Misalnya keyboard laptop terkunci, tidak berfungsi, fleksibel rusak, ada tombol yang lepas dan lain-lain.

Service keyboard ini harganya bervariasi rata-rata sekitar 300 sampai 400 ribuan . Tapi bisa lebih tinggi jika harga komponennya lebih mahal.

Tapi sebelumnya, ada baiknya untuk mengecek dulu keyboard laptop Anda. Bisa gunakan software tertentu.

3. Ganti RAM

Kerusakan RAM, biasanya ditandai dengan laptop yang sering bluescreen dengan pesan “Memory Error“. Atau bisa juga laptop hanya tampil gelap saja saat dinyalakan.

Biaya service atau ganti RAM ini bervariasi. Tergantung dari jenis RAM, tipe, kecepatan, dan kapasitasnya.

Sebagai gambaran, untuk RAM 4GB DDR3 biasanya 350 sampai 400 ribuan. Untuk DDR4 mungkin beda 50 ribuan. Tinggal tambah saja biaya pasangnya. Mungkin sekitar 50 ribuan.

Lebih baik ganti langsung saja di Service Center. Supaya bisa langsung di-tes kompatibel atau tidaknya.

4. Kerusakan Harddisk

Harddisk rata-rata tidak bisa diperbaiki, melainkan harus diganti kalau rusak.

Tapi beda dengan RAM, Harddisk ini bisa dibilang simpel, karena asal ukurannya 2.5 inci, maka biasanya sudah kompatibel dengan laptop apapun.

Berapa harganya? Anda bisa coba cek di Marketplace seperti Tokopedia, Shoppe, Bukalapak. Anda dapat membandingkan harga sesuai dengan space Harddisk yang diperlukan

5. Mengganti Layar

Kerusakan pada layar ditandai dengan laptop nyala tapi layar tidak menampilkan gambar (Gelap), muncul blank putih abu-abu, atau muncul garis-garis vertikal / horizontal.

Mengatasi masalah ini, biasanya harus dilakukan penggantian LCD, yang rata-rata harganya sekitar 700 ribu sampai 1 juta 200 ribu (Untuk ukuran 11 sampai 14 inci).

6. Mengganti Baterai Laptop

Kerusakan pada baterai laptop, ditandai dengan laptop yang tidak mau menyala atau suka mati sendiri waktu dipakai.

Nah, sejauh yang saya tahu, harga baterai ini berbeda-beda tergantung dari tipe laptopnya. Ada di kisaran 250 sampai 500 ribuan.

Dan khusus yang ini tidak harus ke tempat service / service center. Cukup beli tipe baterai yang sama dengan laptop lama.

7. Mengganti Motherboard

Dari semuanya, bisa dibilang ini yang paling mahal biaya gantinya + paling sulit perbaikannya.

Ciri dari motherboard laptop rusak bisa bermacam-macam. Bisa membuat sistem rusak, komponen tertentu tidak berfungsi dengan semestinya, hingga laptop jadi tidak bisa menyala sama sekali.

Tapi sebelumnya silakan bawa dulu ke tempat service / service center. Soalnya bisa jadi juga motherboardnya belum benar-benar rusak. Ini hanya memakan biaya 200 ribu rata-rata untuk perbaikannya.

Dan kalau memang motherboardnya sudah rusak, untuk biaya gantinya tergantung spesifikasi laptopnya. Bisa 800 ribu hingga 3 juta rupiah.

Penutup

Ditengah pandemi Covid19 saat ini banyak diantara kita sedang kesulitan berpergian kemana-mana karena pemerintah sudah menetapkan PSBB antar daerah, lalu bagaimana jika kita membutuhkan laptop untuk bekerja, mengerjakan tugas kuliah, mengerjakan tugas sekolah namun tiba-tiba terjadi kerusakan pada laptop kita? Otomatis kita tidak bisa bekerja jika laptop yang kita gunakan terjadi masalah. Lalu bagaimana solusinya? Admin sendiri mengalami situasi sulit saat admin harus WFH dan laptop tiba-tiba rusak, untung admin punya kenalan teman yang memiliki keahlian service laptop, jika pembaca juga mengalami kesulitan karena laptop tiba-tiba rusak admin merekomendasikan tempat servis dengan harga bersaing di Rajawali Komputer. Para teknisi bisa melakukan antar jemput untuk wilayah Jakarta-Tangerang jadi anda tidak perlu lagi keluar rumah untuk mencari tempat service di tengah aturan PSBB ini. Anda berminat, bisa langsung menghubungi no WhatsApp 081310064917 atau 081382065675, CP: Samuel.

Share.

About Author

Leave A Reply