Berikut Penjelasan Mengenai Lampu Kabut Dan Fungsinya

Pinterest LinkedIn Tumblr +

Bagi anda yang sering berkendara malam hari, tentu harus memastikan kondisi lampu atau pencahayaan pada mobil berjalan baik. Lampu pada mobil kita biasanya mampu bertahan kurang lebih 2 tahun dengan pemakaian wajar. Ada yang lebih lama hingga 10 tahun ada juga yang hanya 1 tahun sudah mati. Banyak faktor yang mempengaruhinya, namun pemilihan merek yang tepat dan penggunaan yang baik tentu akan memperpanjang usia lampu pada mobil kita.

Kalau kita perhatikan, lampu pada mobil kita ada bermacam-macam. Ada yang kuning, merah, hingga putih. Namun kali ini yang akan kita bahas adalah lampu kabut atau fog lamp dimana lampu ini banyak yang belum tahu kegunaanya.

Letaknya di depan dan di bawah lampu utama biasanya. Sangat jarang lampu kabut diletakan agak tinggi karena akan kurang mendukung fungsinya. Lampu kabut ini desainya khas, biasanya ukuranya lebih kecil dan berwarna kuning saat mati tapi ada juga yang saat mati berwarna putih. Yang jelas saat dinyalakan sinarnya pasti berwarna kuning.

Banyaknya orang yang belum tahu tentang fungsi dari lampu ini terlihat dari beberapa pengendara yang menyalakan lampu ini walaupun sedang tidak ada kabut. Atau juga pemahaman yang salah di masyarakat bahwa lampu kabut ini adalah aksesoris untuk mobil-mobil mahal. Memang benar ada beberapa tipe mobil tertentu yang tidak ada fasilitas lampu kabut ini, namun bukan berarti hanya mobil mahal saja yang menggunakanya.

Keberadaan lampu ini lebih kepada fungsinya yaitu sesuai namanya fog lamp atau lampu yang khusus digunakan saat berkendara dalam kondisi banyak kabut.

Dalam posisi banyak kabut, jarak pandang pengemudi akan terbatas. Kalau hal itu terjadi pada malam hari akan lebih parah lagi. Kita bahkan tidak akan bisa tahu kondisi jalan di depan kita. Kalau kita menyalakan lampu utama saja justru akan menimbulkan pantulan bayangan kabut yang menutupi jalan.

Untuk itulah ada inovasi lampu kabut ini. Dimana lampu ini didesain untuk memancarkan sinar kuning yang fokus ke depan untuk membantu pengemudi melihat jalanan saat sedang berkabut. Sinar warna kuning dapat menyerap warna tertentu sehingga dapat menembus kabut dan memberikan kita visibilitas yang lebih baik. Selain itu lampu ini juga untuk memberikan tanda bagi mobil yang ada di depan.

Cara penggunaannya adalah menyalakan lampu kabut bersamaan dengan lampu utama. Sehingga dapat memberikan pencahayaan yang lebih baik.

Ada baiknya kita juga menghindari mengemudi pada saat berkabut. Kalau memang tidak sangat mendesak sebaiknya tidak mengemudi pada saat berkabut. Walaupun ada fitur lampu kabut pada mobil kita, ada baiknya kita bersikap bijaksana demi keselamatan kita bersama. Lampu kabut dapat memperkecil resiko kita kecelakaan di jalanan yang berkabut, namun menghindari berkendara di saat berkabut bisa menghindarkan kita dari resiko itu. Semoga bermanfaat dan tetap utamakan keselamatan.

Share.

About Author

Leave A Reply