Semakin Muda Menabung Semakin Baik untuk Masa Depanmu

Pinterest LinkedIn Tumblr +

Anak muda rata-rata memiliki alasan yang sama, yakni memiliki gaji yang minim sehingga merasa sulit untuk menabung. Tapi sebenarnya, ada tips menabung untuk anak muda yang bisa kamu terapkan. Jadi, jangan mentang-mentang gaji masih minim menjadi alasan utama kamu tidak mulai menabung.

Katakanlah bahwa di usia kamu saat ini, Anda baru saja lulus dari kuliah dan mungkin baru saja diterima kerja di suatu perusahaan. Gaji memang masih kecil sementara banyak kebutuhan yang harus ditutup.

Oleh karena tanggungan kamu masih belum sebanyak mereka yang sudah berkeluarga, maka sangat tepat jika masa muda kamu itu kamu gunakan dengan baik untuk menabung tabungan masa depan kamu. Menabung harusnya menjadi salah satu prioritas kamu karena tabungan bisa sewaktu-waktu dimanfaatkan sebagai pegangan atau dana darurat, modal membeli aset, usaha, bahkan modal untuk berinvestasi.

Perbanyak Pemasukan Dan Kurangi Pengeluaran

Bagi kamu yang sudah bekerja mungkin sudah mendapat gajia bulanan. Yang mana itu adalah pemasukan tetap yang pasti kamu dapatkan setiap bulan. Namun tidak ada salahnya kalau kamu mencari sumber-sumber pemasukan lain disamping pemasukan utama kamu itu.

Terutama sekali kalau kamu bergaya hidup yang agak boros. Kalau kamu tidak memiliki pemasukan tambahan maka bisa jadi besar pasak daripada tiang, dan itu pasti tidak baik untuk masa depan finansial kamu di masa depan.

Prioritaskan Kemana Uang Kamu Harus Dialokasikan Dengan Baik

Urutkan tujuan penggunaan uang Anda dari waktu ke waktu berdasarkan tingkat prioritasnya. Karena tujuan kamu adalah menabung, maka coba prioritaskan pendapatan kamu untuk ditabung. Jangan prioritaskan untuk biaya konsumti termasuk cicilan dan biaya pengeluaran lainya.

Ingatlah pepatah sedikit demi sedikit lama-lama jadi bukit. Dalam hal investasi yang paling menentukan keberhasilanya adalah konsistensi dalam jangka panjang. Kalau kamu menabung secara ekstrim sekali langsung dalam jumlah besar, memang benar kamu akan mendapatkan jumlah tabungan yang besar secara singkat. Namun kamu bisa kaget sendiri melihat hasil tabungan kamu yang dimulai dari nominal yang kecil-kecil namun konsisten. Dalam jangka panjang, yang konsistenlah yang akan menang.

Miliki Hobi Yang Menguntungkan

Anak muda memiliki energi yang banyak untuk menggeluti hobi. Tidak hanya itu, biaya untuk menggeluti hobi juga tidak sedikit. Maka milikilah hobi yang tidak terlalu memakan banyak biaya. Bahkan kalau kamu cukup kreatif, banyak kok pengusaha yang sukses berbisnis dari hobi mereka.

Share.

About Author

Leave A Reply