Welcome!        Sign in    |    Register    |    Help

Berita Properti Pendopo.com

Lantai Vinyl: Motif Unik dan Bisa Dipoles Ulang

Lantai Vinyl: Motif Unik dan Bisa Dipoles Ulang

29 Jul 2011
Pendopo.com - Pernah mendengar tentang lantai vinyl? Lantai vinyl merupakan lantai berbahan dasar PVC (bahan untuk plastik) dan mempunyai sifat lentur dan tak berisik. Lantai ini memiliki motif unik dan tekstur yang beragam. Rahasia kekayaan motif yang dimilikinya terletak pada teknologi printing yang menyertai proses produksinya. Sehingga motif dapat dipilih sesuai selera dan amat mirip dengan tekstur aslinya.

Lantai vinyl ini memiliki sifat fisik yang lentur, sehingga membuatnya mudah diaplikasikan dan nyaman untuk diinjak. Material ini juga dilengkapi dengan bahan antigores. Namun, untuk menjaga keawetannya tetap harus dijaga dari sentuhan benda tajam karena material ini tetap tak sekeras batu alam maupun keramik.

Dari bentuk materialnya, vinyl tersedia dalam bentuk sheet (lembaran) dan tile (kotak seperti ubin). Sedangkan dari komposisi bahan penyusunnya vinyl dapat dibedakan dalam homogeneous (lapisan atas dan bawah berupa PVC) dan jenis printing. Vynil homogeneous memiliki ketebalan 2 mm dan relatif lebih getas. Sementara jenis printing memiliki ketebalan sekitar 3 mm dan terdiri dari 3 lapisan (PVC di lapisan terbawah, cetakan motif/warna, dan coating di lapisan teratas).

Tahukah Anda bahwa vinyl ini bisa dipoles ulang? Jika vinyl Anda terlihat kusam/kotor, angkatlah kotoran yang menempel pada lapisan polish dengan cairan kimia khusus menggunakan lap. Setelah kotoran dan lapisan polish terangkat, aplikasikan lapisan polish yang baru dan lantai vinyl pun akan kinclong lagi.

Beda Vinyl dan Laminate

Serupa tapi tak sama. Itulah vinyl dan laminate. Secara tampilan keduanya susah dibedakan karena motif dibuat dan dicetak di pabrik. Keduanya hanya dibedakan pada bahan core-nya, yaitu bahan yang ada di layer kedua.

Bagian inti dari laminate terbuat dari MDF atau HDF, yang merupakan serat-serat kayu yang dimampatkan. Sedangkan  core untuk vinyl dibuat dari serat sintetis (bahan plastik) yang tahan api dan tidak mudah terbakar.

Dari jenis bahan pada core-nya maka vinyl memiliki ketahanan yang lebih terhadap air karena vinyl tidak memiliki karakter kayu sama sekali (tidak lunak dan tidak berpori dan tahan terhadap air).

Tertarik untuk mengaplikasikan lantai ini di rumah Anda?


Sumber: tabloidrumah.com
properti indonesia

Properti Indonesia

Register dan pasang iklan hanya kurang dari 10 menit. Pastikan Anda sudah mempersiapkan foto-foto properti yang akan dijual. Selain foto, anda bisa menambahkan video, denah dan brosur untuk mengundang minat calon pembeli.

Pendopo.com