Welcome!        Sign in    |    Register    |    Help

Berita Properti Pendopo.com

Konstruksi Ideal Rumah dalam Menghadapi Musim Hujan

Konstruksi Ideal Rumah dalam Menghadapi Musim Hujan

24 Mar 2017

Curah hujan yang tinggi bisa menyebabkan masalah-masalah pada rumah kita, seperti atap bocor, dinding yang merembes ataupun pelapukan kusen pintu, jendela atau furnitur berbahan kayu. Belum lagi ancaman banjir yang biasanya datang saat curah hujan cukup tinggi mengancam berbagai jenis rumah, baik itu rumah minimalis, perumahan cluster atau yang lainya.

Selalu ada solusi untuk mengatasi hal ini. Maka dari itu kali ini kita akan membahas hal ini.

Sudut Kemiringan Atap

Usahakan atap tidak terlalu landai agar air hujan dapat langsung dibuang dengan cepat ke tanah. Air yang dibuang terlalu lambat dapat berakibat bocornya atap rumah. Idealnya, atap rumah disarankan memiliki sudut kemiringan minimal 30 derajat.

Pembuangan Air

Sistem pembuangan air dari atap perlu diperhatikan agar air dari genteng yang terbuang ke tanah tidak menimbulkan cipratan yang mengenai dinding, dan menyebabkan kotor. Untuk itu, sediakan talang vertikal pada bibir genteng yang menyambung dengan talang horizontal agar air dapat dibuang secara halus melalui saluran tersebut.

Selain itu, kita bisa memanfaatkan overstek agar air yang dibuang tidak terlalu dekat dengan dinding. Sistem kerja overstek sama seperti payung yang kita gunakan sehari-hari. Disarankan, overstek dibuat dengan panjang kurang lebih 1,5 meter. Overstek juga bisa digunakan untuk jendela agar terhindar dari air hujan yang mengenai kusen ataupun yang masuk ke rumah lewat celah-celah ventilasi.

Pondasi

Buatlah  pondasi yang tinggi agar terhindar dari air hujan yang mengenai tembok dan masuk ke halaman. Solusi ini adalah pilihan alternatif selain pengadaan overstek pada atap rumah. Tinggi pondasi yang disarankan adalah sekitar 80 cm di atas permukaan tanah. Hal itu juga bertujuan untuk menghindari kemungkinan terjadinya rembesan air masuk ke dalam rumah lewat lantai.

#rumahminimalis

properti indonesia

Properti Indonesia

Register dan pasang iklan hanya kurang dari 10 menit. Pastikan Anda sudah mempersiapkan foto-foto properti yang akan dijual. Selain foto, anda bisa menambahkan video, denah dan brosur untuk mengundang minat calon pembeli.

Pendopo.com