Welcome!        Sign in    |    Register    |    Help

Berita Properti Pendopo.com

Inilah Perbedaan Apartemen dan Kondominium

Inilah Perbedaan Apartemen dan Kondominium

19 Dec 2012

Pendopo.com - Apa sebenarnya perbedaan apartemen dan kondominium? Banyak orang masih belum mengerti perbedaan antara apartemen dan kondominium. Hal ini dapat dijumpai dalam percakapan sehari-hari, manakala si x menanyakan, ‘‘Anda tinggal di apartemen?’’, si y justru menjawab, “Saya tinggal di kondominium seberang kampus”.

Ditinjau dari akar katanya, ‘kondominium’ berasal dari bahasa Latin ‘Con’ yang berarti ‘bergabung atau bersama’ dan ‘Dominium’ yang berarti ‘pengendalian atau kepemilikan’. Dalam wikipedia.org, ‘kodominium’ diartikan dengan bentuk hak guna perumahan. Sedangkan apartemen merupakan jenis tempat tinggal yang serupa dengan rumah susun.

Jadi, dapat ditarik benang merah bahwa perbedaan antara apartemen dan kondominium terletak pada penekanannya. Jika kondominium lebih menekankan pada hak, maka apartemen lebih menekankan pada aspek fisik dari bangunan tersebut.

Orang-orang yang berkecimpung dalam dunia properti pun sering mengaitkan perbedaan antara apartemen dan kondominium dengan bentuk kepimilikan. Kata ‘apartemen’ digunakan untuk merujuk pada hunian vertikal yang disewakan, sedangkan penggunaan kata ‘kondominium’ merefer pada apartemen yang dijual lalu dimiliki masing-masing individu yang menghuni.

Dewasa ini telah banyak bertebaran apartemen dengan status hak kepemilikan. Disamping itu, saat ini juga dikenal adanya istilah apartemen servis dan apartemen sewa. Apartemen servis merupakan apartemen yang disewakan lengkap dengan daily service seperti hotel, sedangkan apartemen sewa adalah apartemen yang disewakan tanpa daily service, baik itu fully furnish ataupun nonfurnish.   

Sebenarnya gaya hidup tinggal di kondominium telah menggejala sejak 6 SM, tepatnya pada zaman Romawi. Kondominium tidak memiliki jalan setapak, atap, ataupun tanah sendiri, akan tetapi pemilik masing-masing unit kondominium berhak menjual atau menyewakan unit yang dimilikinya kepada orang lain.

Sumber: properti.kompas.com

properti indonesia

Properti Indonesia

Register dan pasang iklan hanya kurang dari 10 menit. Pastikan Anda sudah mempersiapkan foto-foto properti yang akan dijual. Selain foto, anda bisa menambahkan video, denah dan brosur untuk mengundang minat calon pembeli.

Pendopo.com