Welcome!        Sign in    |    Register    |    Help

KPR - Kredit Rumah

Gunakan kalkulator KPR di samping untuk menghitung angsuran KRP rumah impian anda. Masukan nilai rumah yang ingin anda beli, uang muka, suku bunga bank serta jangka waktu kredit yang anda inginkan. Nilai angsuran per bulan akan secara otomatis ditampilkan di bawahnya.

KPR atau Kredit Pemilikan Rumah, adalah sebuah fasilitas kredit pembelian rumah yang ditawarkan oleh bank atau instansi keuangan lain, di mana rumah yang dibeli akan dijadikan jaminan hutang. Anda dapat memanfaatkan program KPR untuk pembelian rumah baru maupun bekas. Pada penawaran perumahan baru maupun apartemen baru, biasanya simulasi kredit sudah disediakan oleh pengembang dan diberikan kepada calon pembeli berupa brosur. Namun untuk pembelian rumah bekas, calon pembeli harus jeli hitung-menghitung berapa besar cicilan yang akan dibayar perbulan, dan membandingkan dengan kemampuan finansial diri sendiri. Jangan sampai perhitungan ini kemudian meleset sehingga terjadi kredit macet, karena bank berhak menyita rumah anda sebagai ganti kerugian! Untuk membantu perhitungan kredit, silahkan gunakan kalkulator KPR di samping kiri artikel ini. Nilai perhitungan mungkin akan berbeda dengan yang ditawarkan oleh bank, namun nilainya tidak akan besar. Hal ini disebabkan bank melakukan pembulatan di berbagai variabel serta memperhitungkan promo-promo yang sedang berjalan dan biaya kredit.

Bank umumnya mensyaratkan uang muka atau DP minimal sebesar 20% dari harga rumah, sebagai bukti bahwa calon pembeli memiliki kemampuan finansial yang cukup untuk melunasi cicilan. Biarpun begitu, beberapa bank berani memberikan kredit yang DP-nya hanya sebesar 10% dengan kondisi tertentu. Yang pasti, semakin besar DP yang diberikan, semakin besar peluang pengajuan kredit disetujui. Dari segi cicilan yang akan anda bayar, semakin besar DP semakin sedikit tanggungan hutang dan bunga yang harus dibayarkan.

Sebagaimana hutang lain yang ditawarkan oleh bank, kredit pemilikan rumah akan dikenai bunga sebagai pendapatan bank. Bunga bervariasi antara bank satu dengan bank lain, yang saat ini berkisar 9-12% pertahun. Ada beberapa sistem perhitungan bunga yang berlaku dalam penyaluran KPR. Yaitu sistem bunga flat, anuitas, dan efektif. Ilustrasi yang dihasilkan kalkulator KPR adalah ilustrasi KPR dengan sistem bunga flat, tanpa memperhitungkan fluktuasi bunga dari tahun ke tahun.

Jangka waktu kredit biasanya adalah antara 1 tahun sampai 20 tahun. Semakin panjang jangka waktu kredit yang anda ambil, kecil cicilan bulanan yang harus dibayar. Namun apabila ditotalkan, beban bunga yang ditanggung akan semakin besar karena lamanya pinjaman.

Kalkulator KPR
Harga Rumah

Uang Muka
(min. 20% Harga Rumah)

Suku Bunga
%
Jangka Waktu Kredit
tahun

Pokok Hutang
-

Suku Bunga
-

Jangka Waktu
-

Angsuran Per Bulan
-


*) perhitungan ini hanya ilustrasi belaka. Pembulatan, promo dan biaya dari bank akan mempengaruhi besarnya nilai angsuran.
Tabel Angsuran KPR
Harga Rumah

Uang Muka
(min. 20% Harga Rumah)

kalkulator KPR

Kalkulator KPR

Optimalkan blog properti anda dengan kalkulator KPR yang kami sediakan! Mudah dan GRATIS.

Pendopo.com