Welcome!        Sign in    |    Register    |    Help

Tanya Jawab Properti Pendopo.com

Apa Itu Biaya Kredit Renovasi Syariah?

Penulis: Admin

Pendopo.com - Dana pinjaman dari bank untuk menutupi kebutuhan renovasi bisa Anda dapatkan dari bank konvensional dan bank syariah. Apa perbedaannya?

Secara umum, persyaratan dan proses pengajuan kredit renovasi pada dua jenis bank ini hampir sama. Perbedaannya ada pada sistem pembayaran, bunga, dan angsuran.

Pada bank syariah, bank akan membantu pembiayaan renovasi rumah atau ruko yang diajukan pemohon. Pengembalian dana juga dapat dilakukan dengan mencicil dalam jangka waktu yang telah disepakati bersama. Namun, prosesnya sedikit berbeda, karena bank syariah menggunakan akadmurabahah atau akad jual beli dalam pemberian kredit renovasi.

Atas dasar itulah, bank syariah terlebih dahulu akan membeli barang yang diperlukan nasabah. Dalam hal ini, barang adalah rumah yang telah direnovasi sesuai perencanaan dalam persyaratan IMB dan RAB. Selanjutnya, bank syariah akan menjual kembali ke pemohon dengan keuntungan yang telah disepakati bersama.

Marjin kredit renovasi syariah per tahun berbeda-beda antarbank, mulai 8% - 10%. Marjin dalam 1 bank juga berbeda berdasarkan rentang masa kredit yang diambil. Semakin panjang rentang waktu peminjaman, maka semakin besar marjinnya.

Pengembalian seluruh pinjaman sebelum jatuh tempo bisa dikategorikan melanggar perjanjian, karena pada saat perjanjian tertulis berapa lamanya angsuran serta besarnya kuntungan. Meski demikian, tidak ada istilah penalti seperti pada bank konvensional. Sebaliknya, pemohon tetap harus membayar sesuai dengan total angsuran yang ada dalam perjanjian sebelumnya.

Di sisi lain, lewat fatwa MUI tahun 2002 tentang potongan pelunasan dalam murabah, dinyatakan jika nasabah murabahah melunasi pembayaran tepat atau sebelum waktu telah disepakati, maka bank syariah boleh memberikan potongan sesuai kebijakan internal. Namun, syarat tersebut tidak dijanjikan dalam akad rumah.

Sumber: properti.kompas.com

Ditulis pada: 06 Dec 2012


Admin Pendopo.com
properti indonesia

Properti Indonesia

Register dan pasang iklan hanya kurang dari 10 menit. Pastikan Anda sudah mempersiapkan foto-foto properti yang akan dijual. Selain foto, anda bisa menambahkan video, denah dan brosur untuk mengundang minat calon pembeli.

Pendopo.com