Welcome!        Sign in    |    Register    |    Help

Tanya Jawab Properti Pendopo.com

Bagaimana Memilih Warna Cat Yang Cocok Untuk Ruang Tamu?

Penulis: Admin

Pendopo.com - Ruang tamu adalah ruangan dimana para tamu pertama kali menginjakkan kakinya di sebuah rumah yang mereka kunjungi. Untuk itulah biasanya mereka pertama kali menilai si pemilik rumah dari ruang tamu tersebut atau dengan kata lain ruang tamu merupakan first impression dari si pemilik rumah. Tentunya jika suasana di ruang tamu tersebut hangat pasti pribadi pemiliknya juga demikian.

Sebenarnya ada cara-cara dalam menata ruang tamu yang nyaman dan sesuai dengan kepribadian Anda, salah satunya dengan pemilihan cat yang pas untuk ruang tamu tersebut. Tahukah Anda bahwa warna-warna cat dinding tersebut mampu memberikan berbagai kesan ke dalam ruangan Anda? Ya, warna-warna cat tersebut bisa memberikan kesan hangat, dingin, luas, sempit, dan lain sebagainya ke rumah Anda.

Nah, bagaimanakah memilih warna cat yang cocok dan sesuai untuk ruang tamu Anda? Berikut tipsnya:

1. Warna Hangat Membuat Lebih Akrab

Warna-warna hangat menciptakan efek nyaman dan lebih intim. Anda bisa memilih kelompok warna seperti oranye, peach, kuning, coral dan coklat untuk membantu menciptakan nuansa lebih kecil dan teduh pada ruangan yang luas. Warna hangat bisa menjadi pilihan jika Anda ingin menghadirkan suasana santai dan akrab.

2. Warna Dingin Memberi Efek Luas

Ciptakan ruang tamu kecil agar terlihat lebih luas dengan menggunakan cat dinding dengan warna-warna dingin. Baby blue, hijau atau ungu membesarkan dimensi ruangan dan jarak pada lantai. Jika Anda ingin memperluas ruang tamu yang sempit, Anda bisa memilih warna biru langit. Selain itu, dinding yang dicat warna pastel muda yang tidak terlalu intens membuat ruangan jadi terasa lebih lebar.

3. Kombinasi Warna Hangat dan Dingin

Kesan ruangan yang unik dan modern bisa diperoleh dengan mengkombinasikan warna hangat dan dingin. Trik ini cocok diterapkan pada ruang tamu yang kecil, sedang maupun luas. Cat dinding Anda dengan warna biru muda, lalu beri aksen garis atau motif-motif lain dengan warna peach untuk memunculkan kesan modern dan atraktif. Anda juga bisa menerapkan cara sebaliknya, warna hangat sebagai latar belakang, dan dingin sebagai aksen.

Kombinasi warna krem dan biru langit juga merupakan salah satu kombinasi warna yang baik. Ruangan tersebut akan terlihat lebih terbuka dan memiliki udara yang baik sehingga memaksimalkan efek cahaya natural. Namun, Anda perlu memperhatikan permainan bentuk dan motif yang akan diaplikasikan. Jika ruangan Anda kecil, aksen seperti garis atau bulatan sebaiknya jangan terlalu besar dan memenuhi dinding, karena akan terlihat sempit. Pada ruang yang lebih luas, Anda bisa sedikit bereksplorasi dengan permainan warna.

Usahakan penerapannya seimbang dengan perabotan atau hiasan dinding yang ditempatkan di ruang tamu. Jangan mengaplikasikan banyak motif jika perabot sudah banyak, karena ruangan akan terkesan kurang rapi dan tidak elegan. Jika ingin menambahkan wallpaper, pilih warna senada dengan warna dinding yang dominan.

Semoga tips diatas bisa bermanfaat bagi Anda. Selamat bermain warna ^_^


Sumber: www.wolipop.com

Ditulis pada: 28 Sep 2011


Admin Pendopo.com
properti indonesia

Properti Indonesia

Register dan pasang iklan hanya kurang dari 10 menit. Pastikan Anda sudah mempersiapkan foto-foto properti yang akan dijual. Selain foto, anda bisa menambahkan video, denah dan brosur untuk mengundang minat calon pembeli.

Pendopo.com