Tanya Jawab Properti Pendopo.com

Bagaimana Tips Membeli Ruko yang Baik?

Penulis: Admin

Pendopo.com - Dunia usaha saat ini berkembang pesat di Indonesia. Semua orang berlomba-lomba untuk membuka usaha sendiri. Dengan banyaknya orang yang ingin membuka usaha, maka banyak pula ruko-ruko yang bermunculan sebagai penyedia tempat usaha. Namun bagi Anda yang ingin membuka usaha dan ingin menyewa sebuah ruko sebagai tempat usaha, Anda juga harus jeli dalam membeli sebuah ruko yang baik, sehingga usaha Anda pun bisa ikut maju. Berikut beberapa tips yang bisa Anda lakukan untuk mendapatkan ruko yang baik sebagai tempat usaha Anda.

1. Tentukan dulu jenis usaha Anda, apakah berupa jasa yang berhubungan dengan banyak orang, ataukah sekedar kantor administratif, distributor, toko kelontong dan lain-lain.

2. Pilih lokasi yang tepat. Lokasi adalah hal yang sangat berpengaruh besar terhadap nilai awal (nilai pembelian-nilai perolehan) maupun nilai jual sekundernya (investasi). Misalnya, untuk kantor administratif tidak perlu di pinggir jalan utama, dan apabila untuk kantor distribusi atau jasa adalah suatu keharusan supaya mudah dijangkau banyak orang.

3. Aspek legal. Perhatikan surat-surat (SHM, HGB) dan perijinannya (IMB). Untuk HGB perhatikan kapan berakhirnya, karena penting untuk menentukan langkah selanjutnya.

4. Pilih yang harganya sesuai dengan anggaran Anda. Perhatikanlah harga pasaran tanah, biaya pembangunan, hitung kewajiban perpajakan (BBHTB, PPn), dan administrasi (Akte Jual Beli, Balik Nama). Anda bisa melakukan penawaran (ruko sekunder) atau meminta diskon khusus (ruko primer Baru).

5. Perhatikan lingkungan apakah bebas banjir, dan perhatikan juga kemudahan klien untuk mendatangi tempat usaha Anda.

6. Area Parkir, jika sebagai tempat tinggal area parkirnya cukup untuk satu mobil dan apabila "pelanggan" banyak, pasti membutuhkan tempat parkir yang luas agar lebih leluasa.

Siap untuk membeli ruko sebagai tempat usaha Anda?


Sumber: kolomrumah.com

Ditulis pada: 09 Jun 2011


Admin Pendopo.com
properti indonesia

Properti Indonesia

Register dan pasang iklan hanya kurang dari 10 menit. Pastikan Anda sudah mempersiapkan foto-foto properti yang akan dijual. Selain foto, anda bisa menambahkan video, denah dan brosur untuk mengundang minat calon pembeli.

Pendopo.com