Tanya Jawab Properti Pendopo.com

Bagaimana Memilih KPR Syariah yang Tepat?

Penulis: Admin

Pendopo.com - KPR Syariah sekarang ini mulai banyak dilirik oleh para pembeli rumah dengan sistem kredit. Alasan utama dipilihnya KPR Syariah sebagai pembiayaan rumah mungkin karena bunganya yang tidak terlalu besar dan tetap. Namun, jika Anda tertarik untuk menggunakan jasa dari KPR Syariah ini, Anda tetap harus jeli dalam memilih KPR Syariah mana yang tepat bagi Anda. Bagaimanakah cara memilih KPR Syariah yang pas untuk Anda tersebut? Mari kita simak yang beikut ini.

Ada beberapa langkah yang bisa Anda lakukan dalam memilih KPR Syariah yang sesuai dengan kebutuhan Anda :

1. Pilih yang sesuai dengan kemampuan

Hendaknya prinsip utama Anda dalam memilih KPR syariah adalah harus sesuai dengan kemampuan yang Anda miliki. Jangan sampai KPR syariah tersebut menjadi beban utang yang tidak terbayar. Karena jika Anda sudah terlilit hutang, bisa-bisa Anda mudah dikendalikan oleh orang lain, dan yang paling parah lagi malah harga diri Anda akan hilang. Jika Anda memang belum mampu, sebaiknya tidak usah terburu-buru mengambil KPR Syariah dulu. Lebih baik tingkatkan dulu usaha Anda dalam mencari rezeki yang halal, setelah rezeki tersebut terkumpul, Anda bisa mulai mengambil KPR Syariah yang sesuai dengan kebutuhan Anda. Yang terpenting adalah jangan sampai besar pasak daripada tiang.

2. Lakukan survei ke beberapa bank syariah

Setelah memiliki finansial yang cukup, sebelum Anda menentukan KPR Syariah mana yang tepat ada baiknya jika Anda melakukan survei perbandingan dulu ke beberapa bank syariah yang menyediakan produk KPR Syariah ini. Perbandingan ini meliputi jenis akad produk pembiayaannya dan marjin/bagi hasil yang harus dibayarkan. Pilihlah produk yang sesuai dengan kondisi Anda.

3. Tanyakan ke pihak developer apakah mereka bekerja sama dengan bank syariah pilihan Anda

Setelah menentukan bank syariah mana yang tepat untuk Anda, sekarang saatnya Anda bertanya kepada pihak developer apakah mereka bersedia untuk berbisnis dengan bank syariah pilihan Anda atau tidak. Jika ternyata developer tidak bersedia untuk bekerja sama dengan bank pilihan Anda dan menyarankan untuk menggunakan bank pilihan mereka, maka ada 2 (dua) kemungkinan yang bisa Anda pilih dan lakukan:
  • Jika pihak developer menyarankan sesama bank syariah lain dan produk yang ditawarkan sesuai dengan kondisi keuangan Anda, maka silakan untuk menggunakannya.
  • Jika tidak sesuai dengan kondisi Anda atau bank tersebut ternyata tidak berbasis syariah, maka Anda bisa memilih alternatif pengembang yang lain. 

Dengan langkah di atas, semoga Anda bisa dengan bijak memilih KPR Syariah mana yang paling sesuai dengan kemampuan dan kebutuhan Anda. Selamat membeli rumah!



Sumber: griya.jogjainfo.net & republika.co.id

Ditulis pada: 10 Nov 2011


Admin Pendopo.com
properti indonesia

Properti Indonesia

Register dan pasang iklan hanya kurang dari 10 menit. Pastikan Anda sudah mempersiapkan foto-foto properti yang akan dijual. Selain foto, anda bisa menambahkan video, denah dan brosur untuk mengundang minat calon pembeli.

Pendopo.com