Tanya Jawab Properti Pendopo.com

Bagaimana Agar Kita Bisa Lolos Proses KPR?

Penulis: Admin

Pendopo.com - Anda berencana ingin membeli rumah lewat KPR? Tapi masih ragu kalau nantinya permohonan Anda ditolak? Memang pihak bank juga selektif dalam memilih calon pengguna KPR supaya tidak dirugikan. Selain itu pihak bank juga tidak segan menuntut calon pengguna KPR untuk mengikuti tata cara dan menyiapkan dokumen yang diperlukan untuk KPR. Namun jangan khawatir, berikut ini ada kiat-kiat jitu yang bisa Anda terapkan agar permohonan KPR bisa lolos dan dikabulkan.

a. Mempersiapkan dokumen yang diperlukan. Bagi seorang wirausaha dokumen yang disiapkan adalah :
    1. Daftar pemasok, jika usahanya bergerak di bidang perdaganganb.
    2. Bukti transaksi dengan pelanggan
    3. Catatan rekening bank minimum tiga bulan terakhir
    4. NPWP
    5. Surat Ijin Usaha Perdagangan (SIUP)
    6. Tanda Daftar Perusahaan (TDP)

Bagi Profesional/praktisi yang perlu disiapkan antara lain:
    1. Bukti transaksi dengan pelanggan
    2. Catatan rekening bank minimum tiga bulan terakhir
    3. NPWP
    4. Surat izin praktik untuk beberapa profesi tertentu

b. Memperbaiki penampilan keuangan. Memiliki rekening bank karena slip gaji tidak begitu dipercaya bank. Bank biasanya akan meminta catatan rekening bank untuk membuktikan jumlah yang sesuai dengan slip gaji. Bila gaji Anda secara tunai, segeralah masukkan ke rekening bank sebelum menggunakannya untuk keperluan sehari-hari. Dengan demikian bank dapat menilai bahwa Anda memiliki penghasilan rutin. Selain itu usahakan catatan rekening bank menunjukkan adanya pemasukan sekitar 3-4 bulan terakhir dari penghasilan.

c. Pilih cicilan hutang yang proporsional. Karena bank dapat menolak permohonan KPR Anda jika cicilan hutang mencapai 33% dari penghasilan rutin.

d. Lancarkan pembayaran hutang di tempat lain karena bank dapat menganalisa dan mempunyai cara tersendiri memperkirakan kondisi keuangan pemohon KPR.

Semoga tips di atas bisa membantu Anda dalam meloloskan permohonan KPR Anda.


Sumber: rumahdanproperti.com

Ditulis pada: 15 Jun 2011


Admin Pendopo.com
properti indonesia

Properti Indonesia

Register dan pasang iklan hanya kurang dari 10 menit. Pastikan Anda sudah mempersiapkan foto-foto properti yang akan dijual. Selain foto, anda bisa menambahkan video, denah dan brosur untuk mengundang minat calon pembeli.

Pendopo.com