Tanya Jawab Properti Pendopo.com

Apa Saja Yang Perlu Diperhatikan Sebelum Make Over Ruang?

Penulis: Admin

Pendopo.com - Terkadang, merombak ruangan akan membuat fungsi ruang pun ikut menjadi lain. Misalnya,  ruang tidur yang terasa sempit, ternyata masih bisa ditambah satu kursi. Selain tempat istirahat, kamar bertambah fungsinya menjadi ruang baca. Apalagi jika ditambah lampu dan meja kecil untuk meletakkan buku-buku bacaan, ruangan pasti akan menjadi semakin manis.

Selain untuk berganti suasana make over pun dilakukan karena adanya kebutuhan sang penghuni yang berubah. Yang semula tak butuh ruang kerja, jadi butuh karena ada aktivitas yang perlu didukung ruang tadi. Jika tak ada ruang lagi, cukup tempatkan meja dan kursi di kamar tidur, agar sekaligus menjadi ruang kerja kecil.

Namun segala kekurangan tersebut jangan membuat Anda mundur. Ingat kembali, tata ulang akhir pekan adalah sebuah rekreasi. Penuh kegembiraan dan gotong-royong antaranggota keluarga. Bonusnya ruangan yang lama berubah baru dan suasananya lebih nyaman ditinggali.

Agar semua kegiatan yang diimpikan berjalan lancar, kuncinya hanya dua: rencana matang dan koordinasi di lapangan.  Demi kemudahan Anda, berikut kami sajikan 10 rencana yang harus

6. Pastikan P e laksana Proyek

Pekerjaan telah ditentukan, kini saatnya Anda menentukan pelaksananya. Bagi tugas sesuai kapabilitas dan minat. Mulai dari yang berat untuk ayah, dekorasi untuk ibu dan anak, hingga pekerjaan yang butuh keahlian untuk tukang. Agar lebih tertata dalam pengerjaan, jangan lupa tunjuk satu pemimpin proyek yang bertanggung jawab memantau garis besar pekerjaan.

7. Pilih Tukang yang Tepat

Untuk membantu tata ulang rumah, Anda dapat memilih “tukang junior” untuk pekerjaan yang tidak krusial sehingga biaya dapat ditekan. Namun jika pekerjaan butuh ketrampilan dan ketelitian, tukang berpengalaman bisa jadi andalan. Namun ingat jangan sampai penggunaan tukang menjadi berlebih dan memboroskan biaya.

8. Manajemen Waktu Pengerjaan

Agar pekerjaan lebih efisien, buat manajemen waktu. Berkonsultasilah kepada kontraktor atau tukang agar Anda dapat memperkirakan waktu penyelesaian pekerjaan. Jangan lupa masukkan pula tenggang waktu kemunduran untuk berjaga-jaga. Yang harus Anda ingat adalah waktu tenggat jangan membuat kendur semangat untuk menyelesaikan pekerjaan tepat waktu.

9. Alokasi D ana 

Ada baiknya mengalokasikan dana secara lebih detail. Dari keseluruhan dana yang Anda anggarkan, bagilah ke item-item pekerjaan untuk mempermudah dalam urusan belanja. Dari sini Anda dapat mengetahui jumlah dana yang melebihi, sama, atau bahkan dapat disimpan. Detail alokasi ini sebagai alarm pengeluaran pula bagi Anda.

10 . Belanja M aterial

Catat peralatan dan bahan apa saja yang belum Anda miliki. Kemudian luangkan waktu untuk membelinya. Belanja dapat dilakukan di sentra bahan bangunan sehingga lebih hemat waktu. Namun tak ada salahnya jika Anda mengunjungi berbagai toko untuk mendapatkan barang yang paling sesuai dengan selera dan biaya. 





Sumber : ideonline.com

Ditulis pada: 14 May 2012


Admin Pendopo.com
properti indonesia

Properti Indonesia

Register dan pasang iklan hanya kurang dari 10 menit. Pastikan Anda sudah mempersiapkan foto-foto properti yang akan dijual. Selain foto, anda bisa menambahkan video, denah dan brosur untuk mengundang minat calon pembeli.

Pendopo.com