Tanya Jawab Properti Pendopo.com

Apa Saja Ragam Merawat Furniture Kayu?

Penulis: Admin

Pendopo.com - Salah satu cara untuk menjaga keindahan furniture kayu adalah dengan cara di polish. Polish adalah cairan yang berguna untuk menggosok furniture dan membuat nya menjadi mengkilat. Furniture lama juga dapat terlihat baru lagi dengan cara di mem-polish. Sebelum mem-polish furniture kayu, anda harus membersihkannya dari kotoran dan debu terlebih dahulu. Hal ini dilakukan untuk mencapai hasil akhir yang maksimal.

Memahami furnitur tidak hanya dari segi desain tapi juga proses perawatan.  Kayu alami (bukan sintetis) mempunyai fungsi dan karakter tersendiri. Untuk meja kayu, salah satunya. Meja kayu sudah menjadi bagian keseharian. Digunakan, terutama pada bagian atasnya (toptable ). Benda yang ditaruh, rentan meninggalkan bekas. Baik itu goresan kecil, cairan, maupun noda besar. Perawatan berkala, perlu dilakukan. Biasanya dilakukan dengan mengelap.

Campuran air atau zat kimia digunakan bila nodanya dianggap sudah mengeras. Cara ini bisa dilakukan. Namun, bila terlalu sering, bisa merusak permukaan kayu. Anda bisa merawatnya dengan cara yang lebih tepat. Karena beda kayu, beda pula sifatnya. Alatnya sederhana. Berikut rangkumannya.  

Alat dan Bahan.

Pembersih noda rendah kimia.
Lap Majun (bukan polyester ).  
Sikat Pakaian.
Langkah Pengerjaan.

Untuk jenis kayu kelapa, Anda bisa menggunakan cairan pembersih kayu (setara P ledge ) untuk mengembalikan kadar minyak. Gunakan lap majun. Lap seminggu sekali. Untuk meja dari kayu lapis atau kayu lunak, gunakan minyak sayur. Celupkan ke dalam lap majun. Oleskan ke atas permukaan meja secara berkala. Seiring dengan waktu, Anda akan mendapatkan meja bersih yang mengilap. 

Jangan gunakan lap polyester atau sikat untuk membersihkan noda.

Untuk furnitur yang menggunakan pelapis melamik/natural sebaiknya dibersihkan menggunakan sikat pakaian dan tidak menggunakan air. Untuk furnitur yang menggunakan material particle board, Anda cukup membersihkan dengan lap kain halus. Jangan memakai air, karena akan membuat pelapis particle board mengelupas.



Sumber : ideaonline.com

Ditulis pada: 21 May 2012


Admin Pendopo.com
properti indonesia

Properti Indonesia

Register dan pasang iklan hanya kurang dari 10 menit. Pastikan Anda sudah mempersiapkan foto-foto properti yang akan dijual. Selain foto, anda bisa menambahkan video, denah dan brosur untuk mengundang minat calon pembeli.

Pendopo.com